Топ-100

Pengekspor Telur Asal Indonesia Mampu Kuasai Pasar Ekspor UEA

25 Aug 2022
Pada November 2021 – Januari 2022, Salah satu perusahaan pengekspor Indonesia sudah berhasil mengekspor komoditas telur cangkang putih hingga mencapai 11 kontainer. Perusahaan yang berhasil memegang peranan dominan dalam ekspor adalah PT Jiva Samudera Biru. Perusahaan tersebut telah mengekspor sebanyak 367 metrik Ton (5.195.520 butir) telur ke Uni Emirat Arab.
 
Untuk mendapatkan persetujuan dari negara calon pengimpor di UAE tidaklah mudah karena kualitas telur tetas ayam yang akan diekspor harus sesuai dengan yang menjadi persyaratan Badan Kesehatan Hewan Dunia (OIE).
Telur cangkang putih (white shell eggs) merupakan salah komoditas ekspor unggulan PT JSB. Kemampuan menembus pasar ekspor UAE untuk komoditas ini menjadi salah satu bukti bahwa Indonesia sebenarnya mampu untuk mengeskpor produk ternak yang memiliki nilai jual.
 
Selain itu, dengan kerja sama antara PT JSB, pemerintah dan pihak UMKM untuk memajukan nilai ekspor komoditas ini menjadi bentuk nyata keseriusan semua pihak untuk memajukan bidang peternakan Indonesia.
 
CEO PT JSB, Ilyas Bhatt berharap agar pencapaian ekspor telur yang sudah berhasil menembus pasar UAE ini dapat membuka jalan ekspor global untuk UMKM khususnya peternak telur lokal Indonesia lainnya yang memang berpotensi untuk mengembangkan komoditas ini.
 
“Potensi ekspor telur cangkang putih ini masih sangat besar, saya yakin kita masih mampu untuk meningkatkannya hingga lima kali lipat. Tidak hanya telur cangkang putih segar yang kita ekspor, namun kita upayakan semua produk turunan ternak ayam serta olahannya pun dapat kita ekspor,” ujar Ilyas Bhatt via tele-conference di kantor PT JSB.
 
Negara yang sudah berhasil ditembus PT JSB ialah Jepang, USA, Australia, Timur Tengah, Dubai, Thailand, Vietnam, Singapore, Malaysia, Turki, Taiwan, dan Spanyol. Jumlah yang diekspor pada 2022 mengalami kenaikan sebesar 30,5 persen dibanding 2021. Kegiatan perusahaan JSB juga bergerak dalam bidang agro industri dengan menggandeng para petani lokal untuk bermitra dan memproduksi hasil tani berkualitas untuk diekspor.

Comments

No posts found

Write a review