warehouse-or-storage-and-shelves-with-ca

Apa itu FAS Incoterm (Free Alongside Ship)?

Incoterm FAS atau "Free Alongside Ship" adalah Incoterm yang eksklusif untuk pengiriman barang laut. Berdasarkan FAS, penjual harus mengirimkan barang di samping kapal di dermaga pelabuhan dan bertanggung jawab atas semua biaya dan risiko sampai barang telah ditempatkan di dermaga. Dari titik ini, pembeli mengambil alih risiko dan bertanggung jawab atas biaya dan risiko pengiriman.

Saat pengiriman di bawah FAS, penjual bertanggung jawab atas biaya penanganan bea cukai di asal. Ini merupakan perubahan dari versi Incoterms, Incoterms 2000 sebelumnya, di mana pembeli adalah pihak yang bertanggung jawab untuk menyelesaikan kewajiban bea cukai di asal.

Kewajiban penjual berdasarkan FAS Incoterm

  • Pengiriman barang dan dokumen yang dibutuhkan
  • Pengemasan dan pembungkus
  • Transportasi darat di negara asal
  • Biaya penanganan bea cukai di asal

Kewajiban pembeli berdasarkan FAS Incoterm

  • Pembayaran barang
  • Biaya asal
  • Pengiriman internasional
  • Biaya tujuan
  • Biaya penanganan bea cukai di tempat tujuan
  • Transportasi darat di negara tujuan
  • Pembayaran bea masuk dan pajak

Asuransi FAS

Asuransi bukanlah persyaratan yang ditetapkan berdasarkan FAS. Namun, merupakan praktik umum bagi pembeli dan penjual untuk memperoleh pertanggungan guna memastikan porsi perjalanan kargo yang menjadi tanggung jawab mereka masing-masing. Sebagai pembeli atau penjual yang melakukan pengiriman dengan FAS Incoterm, Anda juga dapat memilih untuk bertanggung jawab mendapatkan asuransi kargo untuk seluruh proses pengiriman dari awal hingga akhir. Apa pun yang Anda putuskan, pastikan untuk mencantumkan persyaratan asuransi dalam kontrak penjualan Anda.

Jika Anda masih belum yakin apakah Anda harus memilih FAS, kami sangat menyarankan untuk mengunduh ebook gratis kami tentang cara memilih Incoterms terbaik untuk dibaca.

FAS tidak cocok untuk kargo peti kemas

Sebagai "Kapal Bersama Gratis", namanya saja merupakan indikasi jelas bahwa Incoterm FAS tidak cocok untuk kargo peti kemas. Barang yang diangkut berdasarkan FAS ditempatkan tepat di sebelah kapal pengapalan sebelum pemuatan. Ini membuatnya lebih cocok untuk kargo non-peti kemas seperti kargo curah, cairan, bahan kimia, dan komoditas termasuk biji-bijian, kedelai, dll karena dimuat langsung ke kapal pengapalan.

Ini tidak seperti kargo dalam peti kemas, yang dikirim ke halaman atau terminal peti kemas sebelum pemuatan. Jika mengirimkan kargo dalam peti kemas, pertimbangkan FCA Incoterms sebagai gantinya. Jika Anda masih tidak yakin apakah FAS Incoterm adalah pilihan yang tepat untuk pengiriman Anda, Anda dapat menghubungi tim ahli kami.

Hubungi Kami Untuk Informasi Lebih Lanjut

Hubungi Kami