Топ-100

KBRI Manila dan Madeinindonesia.com Gelar Pameran di Manila

22 Nov 2021
KOMPAS.com - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Manila bersama platform solusi ekspor Madeinindonesia.com berkolaborasi menyelenggarakan pameran dan business matching secara hybrid di Manila, Filipina, dan bisa diakses melalui video secara daring. Acara yang diikuti 17 produsen Indonesia ini juga didukung oleh BNI Xpora dan juga Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Acara dibuka hari Kamis sore oleh charge d’affaires KBRI Manila, Widya Rahmanto. “Saya percaya kegiatan ini mampu mendorong perdagangan [antara Indonesia dan Filipina di saat pandemic Covid-19 saat ini. Tentunya, ini berkat dukungan penuh dari Pemprov Jawa Barat, Madeinindonesia.com dan juga seluruh peserta. Kegiatan ini bentuk upaya kita dalam memperluas bisnis ke luar negeri,” kata Widya dalam keterangannya, Jumat (19/11/2021).
 
Acara berjudul “Exhibition and Business Matching: Health and Beauty” ini merupakan bentuk komitmen KBRI Manila dalam memberikan semangat dan fasilitas bagi produsen Indonesia untuk tetap berkegiatan positif di tengah pandemi Covid-19. Sementara itu, Direktur Madeinindonesia.com Kemal Panigoro menekankan bahwa Filipina merupakan negara tetangga yang sangat penting bagi Indonesia, khususnya terkait hubungan perdagangan. Untuk itu, menurut Kemal, Madeinindonesia.com secara rutin menyelenggarakan promosi dagang, termasuk dalam membantu pengusaha Indonesia dalam membuka akses ke pasar mancanegara.

“Madeinindonesia.com melakukan kegiatan promosi produk-produk Indonesia dengan sasaran pembeli mancanegara. Kegiatan ini menguntungkan kita semua dan akan meningkatkan perdagangan bilateral,” katanya. Direktur Bisnis UKM Bank Negara Indonesia (BNI) Muhammad Iqbal menambahkan bahwa kantornya terus mengembangkan kemitraan binis dan perbankan dengan seluruh sektor. “Baru sekitar 1 persen dari total UKM Indonesia melakukan ekspor. BNI yakin bahwa ini harus dioptimalkan. Kita harus mencari tahu apa permasalahan yang dihadapi,” kata Iqbal dalam sambutannya. Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, melalui sambutan yang dibacakan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan M. Arifin Soedjayana, mengklaim bahwa provinsi Jawa Barat adalah kampiun dalam hal inovasi dan kolaborasi.